Kamis, 21 Maret 2019

Pagi Teduh di Bawah Pohon Pelangi Berikut Cuplikanya

Pohon pelangi atau yg diketahui dengan istilah Rainbow eucalyptus, bukan hanya menyebar di Papua Nungini serta Sulawesi. Nyata-nyatanya, di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur ikut ada pohon eksotis dengan batang berwarna-warni itu.

Pohon pelangi itu adalah satu diantaranya pada model pohon kayu putih (Eucalyptus) . Tetapi, tak membuahkan minyak kayu putih seperti pohon Eucalyptus yang lain.

Pohon pelangi itu memberikan keindahan seni, ciptaan yg maha kuasa, dengan pelbagai ragam warna yg melekat di batangnya. Mulai warna merah, biru, hijau, kuning, cokelat serta pelbagai ragam warna yg beda. Tambah lagi dengan ukurannya yg besar serta tinggi menjulang.

Baca Juga : Kapal Pelni Egon

Sepintas bila disaksikan, pohon itu seperti dicat warna-warni. Bahkan juga, bila dalam gambar seperti hasil editan. Tetapi, nyata-nyatanya itu memang keindahan alami yg disediakan pohon itu.

Warna-warni seperti pelangi di batang pohon itu datang dari kulit pohon yg kerap mengelupas. Namun, lapisan-lapisan kulitnya terkelupas dengan cara bergantian.

Disaat susunan kulit terluarnya hilang, susunan yg berwarna hijau yg ditutupi bakal kelihatan. Lantas, tumbuhlah kulit baru. Kulit baru tersebut, yg lantas berganti warna berubah menjadi merah, hijau, biru, serta macam-macam warna yg beda.

Uniknya, tiap-tiap perubahan susunan senantiasa mengakibatkan warna yg tidak sama dari awalnya. Ini bikin batang Rainbow eucalyptus berwarna-warni seperti pelangi.

Pohon yang punyai nama ilmiah Eucalyptus deglupta itu, di Bondowoso ada di Dusun Darungan, Desa Sumberwringin Kecamatan Sumberwringin atau lebih kurang 34 km. dari pusat kota.

Artikel Terkait : Kapal Pelni Sangiang

" Indah, saya sangatlah terpesona dengan keindahan yg diunjukkan oleh pohon yg tak semua derah punyai, " kata Riskyah, salah seseorang pengunjung, Minggu, 10 Februari 2019.

Dia mengharapkan biar Pemerintah Kabupaten Bondowoso mengontrol kelestarian pohon itu. Bahkan juga, ujarnya, bila butuh diperbanyak.

Pohon pelangi, atau Rainbow eucalyptus, datang dari rimba hujan Mindanao, sebagai pulau sangat selatan serta timur di group pulau Filipina. Lantas pohon itu menyebar di Indonesia, juga termasuk di Bondowoso, Jawa Timur.

1 komentar:

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    di IONPK.ORG.:)
    pin BB : 58ab14f5 , di add ya...:D
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah.
    Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.ORG

    BalasHapus