Senin, 04 Maret 2019

Pagi-Pagi Uji Adrenalin Naik Turun Lereng Gunung Slamet dengan Mobil Jip Berikut Cuplikanya

Siapa yang gak sukai melihat hamparan pohon-pohon teduh nan sejuk di lereng Gunung Slamet? Ditambah lagi apabila merasakan dengan mengendarai jip lama yang meniti medan curam berliku-liku.

Sensasi yang meningkatkan adrenalin itu di tawarkan oleh Perusahaan Daerah (PD) Object Wisata Air Bojongsari (Owabong) . Mereka buka paket wisata one day trip offroad yang menghubungkan tiga tempat wisata di Purbalingga, Jawa Tengah.

Acara gathering Kantor Otoritas Layanan Keuangan (OJK) Purwokerto bersama dengan wartawan, Kamis, 12 Oktober 2018, menjajal paket wisata itu. Perjalanan di awali dari Owabong ketujuan Lembah Asri Desa Serang (D’Las) lantas selesai di Goa Lawa Purbalingga (Golaga) .

Trip wisata itu melalui berjalan-jalan desa di Kecamatan Kutasari, Mrebet, Karangreja, dan lahan Perhutani. Jalan tanah berbatu yang kadangkala berliku, alami penurunan, serta naik temani peserta selama perjalanan.

Baca Juga : Jadwal Kapal Pelni Dorolonda

Ditengah perjalanan itu, jantung berdegub lebih kencang waktu melalui jalan tembusan Desa Karangjengkol, Kutasari ke jalan Wanawisata Baturaden–Serang. Disana, jalan berbatu naik sejauh 900 mtr. memaksa 7 kendaraan yang mengantarkan peserta trip buat naik bergantian.

Akhirnya, satu kendaraan terpaksa sekali istirahat sesaat lantaran mesin terlampau panas. Terlepas dari jalan itu, peserta membelah kanopi vegetasi unik ruangan Perhutani, pohon pinus serta karet yang rimbun di tepian jalan sampai hingga di Lembah Asri Desa Serang.

Public Relationship Owabong, Bambang Adi mengemukakan wisatawan bebas pilih mendatangi tempat wisata di seputar lereng Gunung Slamet. Lantaran, di seputar desa-desa yang dilalui itu juga ada tempat wisata beda seperti Taman Reptil, Telaga Situ Tirta Marta, Curug (air terjun) Dhuwur, Kampung Kitiran, Kampung Kurcaci, Serang Highland, Taman Bunga Kutabawa, serta Bukit Mertelu.

" Terdapat beberapa tempat wisata serta desa wisata di Purbalingga, jadi tinggal dirangkai saja pengen ke manakah. Kemudahan, makan siang, serta ticket masuk udah pada suatu paket, " ujarnya.

Harga paket itu buat 1x perjalanan menjajahi lereng Gunung Slamet di awali dari Rp 800 ribu buat satu mobil berisi 4 orang. Jadi, apabila ingin berwisata dengan rekan atau keluarga cukuplah merogoh kocek Rp 200 ribu tiap-tiap orangnya. Murah khan?

Trip wisata yang terangkai antar tempat wisata memajukan perubahan ekonomi serta bagian Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM) . Seperti pemakaian kendaraan offroad buat mengantarkan pengunjung, Owabong menggandeng beberapa pemilik 4WD di Purbalingga serta populasi Purwokerto American Jeep (PAJ) .

Anggota Populasi PAJ, Ruslan (56) mengakui biasa terima konsumen baik dengan cara langsung ataupun dari penyedia layanan wisata. Ia punyai dua Jip Willys yang udah ditukar mesinnya dengan Corona.

Penyediaan angkutan teristimewa buat pariwisata menurut dia dapat menyentuh kapasitas tersembunyi di desa-desa.  Seperti menyambangi langsung ruangan pertanian, bengkel beberapa perajin, serta sanggar kesenian buat daya pikat budaya.

" Bila kapasitas itu sulit terintegrasi dengan tempat wisata, kami yang bawa serta beberapa wisatawan kesana, " katanya yang seseorang bekas guru.

Terintegrasinya antar tempat wisata itu dapat memajukan beberapa pengelola sama-sama beradu keluarkan kekhasan serta daya tarik semasing. Demikian juga dengan beberapa pemeran UMKM dan penyedia layanan wisata,  dapat jual kontent produk serta layanan yang unik serta tidak serupa.

Pada beberapa pemeran UMKM bagian pariwisata Desa Serang, Kepala Kantor Otoritas Layanan Keuangan Purwokerto, Sumarlan memohon biar masyarakat sigap tangkap kesempatan itu. Produk pertanian hortikultura, kopi, layanan wisata, warung makan, suvenir, menurut dia dapat berkembang lebih baik.

Apabila soal pendanaan sebagai beban, OJK sudah memajukan instansi layanan keuangan keluarkan pola pendanaan plafon Rp 1–3 juta buat pebisnis kecil menengah. Ditengah iklim perubahan pariwisata yang baik di negeri ini, ia memohon penduduk berani ambil langkah.

Artikel Terkait : Jadwal Kapal Pelni Bukit Siguntang

Ia mengungkap, sekarang perkembangan penyaluran credit di eks Karesidenan Banyumas bertambah sebesar 5, 65 % dengan tingkat inklusi (banyaknya pemakai layanan keungan) menggapai 69 %. Sedang, NPL (Non Performing Loan) atau tingkat credit memiliki masalah sebesar 3, 11 %.

" Kami mengupayakan menaikkan inklusi keuangan dari pebisnis mikro di bagian pariwisata lantaran kapasitas keberhasilannya akan berikan dampak ganda buat perubahan usaha beda, " ujarnya waktu arahan tekhnis akses keuangan buat UMKM bagian pariwisata di Desa Serang, Kecamatan Karangreja.

Kepala Sisi Perekonomian Sekretariat Daerah Purbalingga, Edy Suryono memaparkan Desa Serang sukses memperoleh omset sebesar Rp 2 miliar per tahun dari pengaturan wisata. Berkaca dari itu, ia ikut memohon penduduk tidak untuk ragu-ragu meningkatkan atau buka usaha yang berkenaan.

" Kesempatan dari banyak wisatawan ataupun akses pendanaan udah terbuka lebar, kita tinggal bekerja meningkatkan usaha buat menaikkan kesejahteraan kita sendiri ataupun penduduk biasanya, " ia menandaskan.

1 komentar:

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    di IONPK.ORG.:)
    pin BB : 58ab14f5 , di add ya...:D
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah.
    Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.ORG

    BalasHapus